Thursday, September 17, 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP LEMBAGA SOSIAL

Satuan Pendidikan               : SMP

Kelas/Semester                      : 8 / Satu

Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tema/ Sub Tema                   : Lembaga Sosial

Materi Pokok                        : Lembaga Sosial

Alokasi waktu                       : 2 Jam Pelajaran x 40 menit


A.    Kompetensi Inti

KI 1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4

 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi


Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1

2


3






4

1.1 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.

2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, terbuka, dan keritis terhadap permasalahan sosial sederhana.

3.3 Memahami kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.



Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi,dan politik di lingkunganmasyarakatsekitar.

1.1.1. Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran.

2.2.1 Mengerjakan tugas kelompok secara jujur dan bertanggung jawab.


3.1.1 Menjelaskan Hakikat Lembaga Sosial
3.1.2 Mendeskripsikan Ciri-Ciri Lembaga Sosial
3.1.3Menyebutkan Tujuan Pembentukan dan Fungsi Umum Lembaga Sosial. 
3.1.4 Menjelaskan Tipe-Tipe Lembaga Sosial
                                                             
4.1.1Menyajikan pengamatan gambar dan materi tentang lembaga sosial yang ada di masyarakat.


C.    Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
  • 1.      Mengidentifikasihakikat lembaga sosial
  • 2.      Mengidentifikasi ciri-ciri lembaga sosial
  • 3.      Menyebutkan dan menjelaskan tujuan pembentukan dan fungsi umum lembaga sosial
  • 4.      Menjelaskan tipe-tipe lembaga sosial

D.    Pendekatan Pembelajaran, Strategi dan Metode Pembelajaran       

Pendekatan                       : Saintifik
Strategi                              : Kooperatif (cooperative learning)
Metode Pembelajaran       : Kajian Pustaka, Diskusi, Presentasi

E.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media                                : LCD Proyektor, laptop
Alat/bahan                         : Papan Tulis, Spidol
      Sumber Pembelajaran        :Buku IPS untuk SMP/Mts kelas VIII, buku-buku dan referensi lain yang relevan, internet.
F.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pertemuanke 1   80 menit

Pendahuluan


Guru mempersiapkankelas agar lebihkondusifuntuk proses belajarmengajar, kerapiandankebersihanruangkelas, prisensi (absensi, kebersihan, kelas, menyiapkan media danalatsertabuku yang di perlukan)
Apersepsi
1)      PersiapanKelasmembukapelajarandenganmengucapkansalamdanberdoabersama
2)      Guru menanyakankondisisiswa.
Memotivasi
1.      Pernahkan kalian mendengar istilah lembaga sosial?
2.      Apa saja ciri-ciri lembaga sosial?
3.      Bagaimana tujuan dan fungsi umum lembaga sosial?
4.      Pemberian Acuan
Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.

10 menit

Inti

Membentukkelompok yang anggotanya = 4 orang secaraheterogen (campuranmenurutprestasi, jeniskelamin, suku, dll)
1.      Mengamati
Peserta didikMembaca dan menyimak teks tentanglembaga sosial, ciri-ciri lembaga  sosial, tujuan pembentukan dan fungsi umum lembaga sosial, tipe-tipe lembaga sosial.
2.      Menanya
Peserta didik menanyakan/mempertanyakan:
a.       Hakikatlembagasosial
b.      Ciri-cirilembagasosial
c.       Tujuan pembentukan dan fungsi umum lembaga sosiallembaga sosial keluarga
d.      Tipe-tipelembagasosial
Berdasarkansejumlahpertanyaan yang teridentifikasi, pesertadidikmenentukanataumemilihsejumlahpertanyaanpokokataupentingsebagailandasanuntukmerumuskanjawabansementara. Padasaat yang sama guru mengarahkanpadapertanyaan-pertanyaanpencapaiankompetensidasar.
3.      Mengumpulkan data/informasi
Peserta didik mencari informasi dengan membaca buku tentang:
a.       Hakikat lembaga sosial
b.      Ciri-ciri lembaga sosial
c.       Tujuan pembentukan dan fungsi umum lembaga sosial lembaga sosial keluarga
d.      Tipe-tipe lembaga sosial
4.      Mengasosiasi
Peserta didik melakukan kegiatan tukar pendapat untukmenganalisistentanglembaga sosial, ciri-ciri lembaga  sosial, tujuan pembentukan dan fungsi umum lembaga sosial, tipe-tipe lembaga sosial.
5.      Mengomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas kemudian kelompok lain menanggapi.
Catatan: jika waktu tidak cukup, hanya dipilih beberapa kelompok untuk mempresentasikannya

60 menit





Penutup

      Kesimpulan:

      1.      Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2.      Evaluasi :
Tuliskan jenis-jenis lembaga sosial yang kalian ketahui
3.      Refleksi :
a.       Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektifmisalnya: apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
b.      Pengetahuan berharga/baru apa yang kamu perolehpada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknyasikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru.(Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
4.      Menyampaikan materi yang akan datang.

10 menit


G.    Penilaian Hasil Belajar

1.      Sikap spritual

a.       Tekhnik Penilaian  : Observasi
b.      Bentuk Instrumen      : Lembaran Observasi
c.       Kisi-kisi
No
Aspek yang dinilai
Butir Instrumen
1
2
3

Perilaku beriman
Perilaku bertaqwa
Perilaku memilihara hubungan baik dengan sesama

1
1
2

2.      Keterampilan (Presentasi)

a.       Tekhnik Penilaian  : Observasi
b.      Bentuk Instrumen   : Lembaran Observasi
c.       Kisi-kisi
No
Aspek Yang dinilai
Butir Instrumen
1
2
3
4
5
Perilaku jujur
Perilaku disiplin
Perilaku bertanggung jawab
Percaya diri
Perilaku santun
3
2
3
5
4

3.      Pengetahuan

a.       Tekhnik Penilaian
1. Tes                     : Tulis
2. Non Tes             : Penugasan Kelompok

b.      Bentuk Instrumen
1. soal tes tulisan uraian
c.   Kisi-kisi
No
Indikator
Butir soal
1
2
3

4

Menjelaskan hakikat lembaga sosial
Menyebutkan dan menjelaskan ciri-ciri lembaga sosial
Menyebutkan dan menjelaskan tujuan pembentukan dan fungsi umum lembaga sosial
Menjelaskankantipe-tipelembagasocial
1
1
1

1

4.    Keterampilan (Diskusi)

a.       Tekhnik Penilaian        
b.      Bentuk Instrumen        : Chek List
c.       Kisi-kisi
No
Keterampilan
Butir instrument
1
2
3
Menuliskan hasil membaca dan menyimak teks Menyajikan hasil diskusi kelompok
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok



No
Indikator
Tekhnik Penilaian
Contoh Instrumen
Instrumen
1
Melakukan kegiatan presentasi peserta didik dari hasil diskusi
Penugasan kelompok
Gambar lembaga sosial 
Lembaran presentasi terlampir pada lampiran 1




Kepala SMPN 01 Suka Makmur                       Pontianak,    November 2014
                                                                            Guru Mata Pelajaran IPS

                                   
Nip.                                                                      Nip.