Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : 8 / Satu
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema/
Sub Tema : Lembaga
Sosial
Materi
Pokok : Lembaga
Sosial
Alokasi
waktu : 2 Jam
Pelajaran x 40 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya. |
KI 2 |
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI 3 |
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata |
KI 4 |
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori. |
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
|
1 2 3 4 |
1.1 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya. 2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, terbuka, dan keritis terhadap permasalahan sosial sederhana. 3.3 Memahami kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat. Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi,dan politik di lingkunganmasyarakatsekitar. |
1.1.1.
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran. 2.2.1 Mengerjakan tugas kelompok secara jujur dan bertanggung jawab.
|
C. Tujuan Pembelajaran
- 1. Mengidentifikasihakikat lembaga sosial
- 2. Mengidentifikasi ciri-ciri lembaga sosial
- 3. Menyebutkan dan menjelaskan tujuan pembentukan dan fungsi umum lembaga sosial
- 4. Menjelaskan tipe-tipe lembaga sosial
D. Pendekatan Pembelajaran, Strategi dan Metode Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi waktu |
Pertemuanke 1 80 menit |
||
Pendahuluan |
Guru mempersiapkankelas
agar lebihkondusifuntuk proses belajarmengajar,
kerapiandankebersihanruangkelas, prisensi (absensi, kebersihan, kelas,
menyiapkan media danalatsertabuku yang di perlukan) |
10 menit |
Inti |
Membentukkelompok yang anggotanya
= 4 orang secaraheterogen (campuranmenurutprestasi, jeniskelamin, suku, dll) |
60 menit |
Penutup |
Kesimpulan: 1.
Peserta didik bersama
guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran |
10 menit |
G.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Sikap
spritual
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Butir
Instrumen
|
1
2
3
|
Perilaku
beriman
Perilaku
bertaqwa
Perilaku
memilihara hubungan baik dengan sesama
|
1
1
2
|
2. Keterampilan
(Presentasi)
No
|
Aspek Yang
dinilai
|
Butir
Instrumen
|
1
2
3
4
5
|
Perilaku
jujur
Perilaku
disiplin
Perilaku
bertanggung jawab
Percaya diri
Perilaku
santun
|
3
2
3
5
4
|
3. Pengetahuan
2. Non Tes : Penugasan Kelompok
b. Bentuk Instrumen
c. Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir soal
|
1
2
3
4
|
Menjelaskan hakikat lembaga sosial
Menyebutkan dan menjelaskan ciri-ciri lembaga sosial
Menyebutkan dan menjelaskan tujuan pembentukan dan
fungsi umum lembaga sosial
Menjelaskankantipe-tipelembagasocial
|
1
1
1
1
|
4. Keterampilan
(Diskusi)
No
|
Keterampilan
|
Butir instrument
|
1
2
3
|
Menuliskan hasil membaca dan menyimak teks Menyajikan hasil diskusi kelompok
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
|
No
|
Indikator
|
Tekhnik Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Instrumen
|
1
|
Melakukan kegiatan presentasi peserta didik dari hasil diskusi
|
Penugasan kelompok
|
Gambar lembaga
sosial
|
Lembaran presentasi terlampir pada lampiran 1
|
Nip. Nip.
No comments:
Post a Comment