Penyusun : Maria Elfrida Deke, M. Pd.
Mata Pelajaran :
IPS
Satuan Pendidikan :
SMP Pangudi Luhur Santo Albertus
Fase :
D
Tahun Pelajaran : 2024 / 2025
Kelas/Semester :
VIII (Delapan) / I ( Ganjil )
A.
CAPAIAN PEMBELAJARAN IPS FASE D
Pada
akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan
keberadaan diri dan keluarga serta lingkungan terdekatnya. Ia mampu
menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik
masyarakat serta memahami potensi sumber daya alamnya. Ia juga mampu
menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap
pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling
berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran
pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta
didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang
sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi
di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi
Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari
masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang
sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif.
Peserta
didik mampu memahami dan menerapkan materi pembelajaran melalui pendekatan
keterampilan proses dalam belajarnya, yaitu mengamati, menanya dengan rumus 5W
1H. Kemudian mampu memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan
jawaban-jawaban yang ditemukan. Peserta didik juga mampu mengumpulkan informasi
melalui studi pustaka, studi dokumen, wawancara, observasi, kuesioner, dan
Teknik pengumpulan informasi lainnya. Merencanakan dan mengembangkan penyelidikan.
Peserta didik mengorganisasikan informasi dengan memilih, mengolah dan
menganalisis informasi yang diperoleh. Proses analisis informasi dilakukan
dengan cara verifikasi, interpretasi, dan triangulasi informasi. Peserta didik
menarik kesimpulan, menjawab, mengukur dan mendeskripsikan serta menjelaskan
permasalahan yang ada dengan memenuhi prosedur dan tahapan yang ditetapkan.
Peserta didik mengungkapkan seluruh hasil tahapan di atas secara lisan dan
tulisan dalam bentuk media digital dan non-digital. Peserta didik lalu
mengomunikasikan hasil temuannya dengan mempublikasikan hasil laporan dalam
bentuk presentasi digital dan atau non-digital, dan sebagainya. Selain itu
peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilalui dan diharapkan
dapat merencanakan proyek lanjutan dengan melibatkan lintas mata pelajaran
secara kolaboratif.
Fase D Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Pemahaman Konsep |
Pada
akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan
keberadaan diri serta mampu
berinteraksi dengan lingkungan
terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah
dengan karakteristik masyarakat dan
memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi
kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi
geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu
memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan
hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam
mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan
memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era
kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital.
Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi
negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia
dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut
memberikan kontribusi yang positif. |
Keterampilan proses |
Pada
akhir fase ini, Peserta didik mampu memahami dan menerapkan materi
pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses dalam belajarnya, yaitu
mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H. Kemudian mampu memperkirakan apa yang
akan terjadi berdasarkan jawaban-jawaban yang ditemukan. Peserta didik juga
mampu mengumpulkan informasi melalui studi pustaka, studi dokumen,
lapangan, wawancara, observasi,
kuesioner, dan teknik pengumpulan informasi lainnya. merencanakan dan mengembangkan
penyelidikan. Peserta didik mengorganisasikan informasi dengan memilih,
mengolah dan menganalisis informasi yang diperoleh. Proses analisis informasi
dilakukan dengan cara verifikasi, interpretasi, dan triangulasi informasi.
Peserta didik menarik kesimpulan, menjawab, mengukur dan mendeskripsikan
serta menjelaskan permasalahan yang ada dengan memenuhi prosedur dan tahapan
yang ditetapkan. Peserta didik mengungkapkan seluruh hasil tahapan di atas
secara lisan dan tulisan dalam bentuk media digital dan non-digital. Peserta
didik lalu mengomunikasikan hasil temuannya dengan mempublikasikan hasil
laporan dalam bentuk presentasi digital dan atau non digital, dan sebagainya.
Selain itu peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman belajar yang telah
dilalui dan diharapkan dapat merencanakan proyek lanjutan dengan melibatkan
lintas mata pelajaran secara kolaboratif. |
B.
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
NO |
Alur Tujuan
Pembelajaran |
Skala atau Interval
Nilai |
|||
0 – 40% |
41 – 65% |
66 – 85% |
86 – 100% |
||
Belum mencapai,
remedial di seluruh bagian |
Belum mencapai
ketuntasan, remedial di bagian yang diperlukan |
Sudah mencapai
ketuntasan, tidak perlu remedial |
Sudah mencapai
ketuntasan, perlu pengayaan |
||
Tema 01 : Kondisi Geografis Dan
Pelestarian Sumber Daya |
|||||
1. |
1.1 Peserta
didik mampu menjelaskan luas dan letak wilayah Indonesia 1.2 Peserta
didik mampu mengidentifikasi letak geologis Indonesia 1.3
Peserta didik menganalisis cuaca
dan iklim Indonesia |
|
|
|
|
2. |
1.4 Peserta
didik mampu menjelaskan keragaman sosial budaya di masyarakat. 1.5 Peserta
didik mampu menganalisis pengaruh faktor geografis yang mempengaruhi
keragaman sosial budaya. 1.6 Peserta
didik mampu mengidentifikasi jenis keragaman sosial budaya. |
|
|
|
|
3. |
1.7 Peserta
didik mampu mengidentifikasi sumber daya hutan di Indonesia. 1.8 Peserta
didik mampu mengidentifikasi sumber daya tambang di Indonesia. 1.9 Peserta
didik mampu mengidentifikasi sumber daya
kemaritiman di Indonesia. |
|
|
|
|
4. |
1.10 Peserta
didik mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia. |
|
|
|
|
5. |
1.11 Peserta
didik mampu menganalisis kualitas sumber daya manusia di Indonesia. |
|
|
|
|
6. |
1.12 Peserta
didik mampu menganalisis cara meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia. |
|
|
|
|
7. |
1.13 Peserta
didik mampu mendeskripsikan lembaga sosial. |
|
|
|
|
8. |
1.14 Peserta
didik mampu menganalisis peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya
alam. |
|
|
|
|
9. |
1.15 Peserta
didik mampu menganalisis peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya
manusia. |
|
|
|
|
Tema 02 : Kemajemukan Masyarakat
Indonesia |
|||||
10. |
2.1 Peserta
didik mampu menganalisis proses geografis terhadap bentuk muka bumi. |
|
|
|
|
11. |
2.2 Peserta
didik mampu menganalisis pemanfaatan lingkungan sekitar dalam aktivitas
ekonomi. |
|
|
|
|
12. |
2.3 Peserta
didik mampu mendeskripiskan proses terjadinya perdagangan antarpulau. |
|
|
|
|
13. |
2.4 Peserta
didik mampu mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk 2.5 Peserta
didik mampu menganalisis perkembangan kependudukan di Indonesia. |
|
|
|
|
14. |
2.6 Peserta
didik mampu mendeskripsikan keragaman masyarakat Indonesia. 2.7 Peserta
didik mampu menganalisis manfaat dari keragaman masyarakat. |
|
|
|
|
15. |
2.8 Peserta
didik mampu mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang ada di
masyarakat. 2.9 Peserta
didik mampu menganalisis proses mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat. |
|
|
|
|
16. |
2.10Peserta
didik mampu perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia. |
|
|
|
|
17. |
2.11Peserta
didik mampu mendeskripsikan cara penyebaran agama Islam ke Indonesia. |
|
|
|
|
18. |
2.12Peserta
didik mampu Interaksi budaya pengaruh Islam di Indonesia. |
|
|
|
|
19. |
2.13Peserta
didik mampu mengidentifikasi kerajaan-kerajaan Islam yang berkembang di
Indonesia. 2.14Peserta
didik mampu mendeskripsikan perkembangan kerajaan Islam di Indonesia. |
|
|
|
|
Keterangan
0 - 40 % : Belum mencapai, remedial di seluruh bagian
41 - 65 % :
Belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian yang diperlukan
66 - 85 % :
Sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial
86 - 100% :
Sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan lebih
Mengetahui, Kepala SMP PL St. Albertus
Br.
Tomas Tefa, FIC., S.Pd., M.M. |
|
Ketapang, 15 Juni 2024 Guru IPS
Maria
Elfrida Deke, M. Pd. |
No comments:
Post a Comment