Wednesday, July 3, 2024

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran IPS Kelas 8

Penyusun                         : Maria Elfrida Deke, M. Pd.

Mata Pelajaran                 : IPS

Satuan Pendidikan          : SMP Pangudi Luhur Santo Albertus

Fase                                 : D

Tahun Pelajaran               : 2024 / 2025

Kelas/Semester                : VIII (Delapan) / I ( Ganjil ) 

 

A.           CAPAIAN PEMBELAJARAN IPS FASE D

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri dan keluarga serta lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat serta memahami potensi sumber daya alamnya. Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif.

Peserta didik mampu memahami dan menerapkan materi pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses dalam belajarnya, yaitu mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H. Kemudian mampu memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan jawaban-jawaban yang ditemukan. Peserta didik juga mampu mengumpulkan informasi melalui studi pustaka, studi dokumen, wawancara, observasi, kuesioner, dan Teknik pengumpulan informasi lainnya. Merencanakan dan mengembangkan penyelidikan. Peserta didik mengorganisasikan informasi dengan memilih, mengolah dan menganalisis informasi yang diperoleh. Proses analisis informasi dilakukan dengan cara verifikasi, interpretasi, dan triangulasi informasi. Peserta didik menarik kesimpulan, menjawab, mengukur dan mendeskripsikan serta menjelaskan permasalahan yang ada dengan memenuhi prosedur dan tahapan yang ditetapkan. Peserta didik mengungkapkan seluruh hasil tahapan di atas secara lisan dan tulisan dalam bentuk media digital dan non-digital. Peserta didik lalu mengomunikasikan hasil temuannya dengan mempublikasikan hasil laporan dalam bentuk presentasi digital dan atau non-digital, dan sebagainya. Selain itu peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilalui dan diharapkan dapat merencanakan proyek lanjutan dengan melibatkan lintas mata pelajaran secara kolaboratif.

Fase D Berdasarkan Elemen

Elemen

Capaian Pembelajaran

Pemahaman Konsep

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu  berinteraksi dengan  lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan  memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif.

Keterampilan proses

Pada akhir fase ini, Peserta didik mampu memahami dan menerapkan materi pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses dalam belajarnya, yaitu mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H. Kemudian mampu memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan jawaban-jawaban yang ditemukan. Peserta didik juga mampu mengumpulkan informasi melalui studi pustaka, studi dokumen, lapangan,  wawancara, observasi, kuesioner, dan teknik pengumpulan informasi lainnya.   merencanakan dan mengembangkan penyelidikan. Peserta didik mengorganisasikan informasi dengan memilih, mengolah dan menganalisis informasi yang diperoleh. Proses analisis informasi dilakukan dengan cara verifikasi, interpretasi, dan triangulasi informasi. Peserta didik menarik kesimpulan, menjawab, mengukur dan mendeskripsikan serta menjelaskan permasalahan yang ada dengan memenuhi prosedur dan tahapan yang ditetapkan. Peserta didik mengungkapkan seluruh hasil tahapan di atas secara lisan dan tulisan dalam bentuk media digital dan non-digital. Peserta didik lalu mengomunikasikan hasil temuannya dengan mempublikasikan hasil laporan dalam bentuk presentasi digital dan atau non digital, dan sebagainya. Selain itu peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilalui dan diharapkan dapat merencanakan proyek lanjutan dengan melibatkan lintas mata pelajaran secara kolaboratif.

 

B.            Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

NO

Alur Tujuan Pembelajaran

Skala atau Interval Nilai

0 – 40%

41 – 65%

66 – 85%

86 – 100%

Belum mencapai, remedial di seluruh bagian

Belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian yang diperlukan

Sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial

Sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan

Tema 01 : Kondisi Geografis Dan Pelestarian Sumber Daya

1.                   

1.1     Peserta didik mampu menjelaskan luas dan letak wilayah Indonesia

1.2     Peserta didik mampu mengidentifikasi letak geologis Indonesia

1.3     Peserta didik menganalisis cuaca dan iklim Indonesia

 

 

 

 

2.                   

1.4     Peserta didik mampu menjelaskan keragaman sosial budaya di masyarakat.

1.5     Peserta didik mampu menganalisis pengaruh faktor geografis yang mempengaruhi keragaman sosial budaya.

1.6     Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis keragaman sosial budaya.

 

 

 

 

3.                   

1.7     Peserta didik mampu mengidentifikasi sumber daya hutan di Indonesia.

1.8     Peserta didik mampu mengidentifikasi sumber daya tambang di Indonesia.

1.9     Peserta didik mampu mengidentifikasi sumber daya  kemaritiman di Indonesia.

 

 

 

 

4.                   

1.10 Peserta didik mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia.

 

 

 

 

5.                   

1.11 Peserta didik mampu menganalisis kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

 

 

 

 

6.                   

1.12 Peserta didik mampu menganalisis cara meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia.

 

 

 

 

7.                   

1.13 Peserta didik mampu mendeskripsikan lembaga sosial.

 

 

 

 

8.                   

1.14 Peserta didik mampu menganalisis peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam.

 

 

 

 

9.                   

1.15 Peserta didik mampu menganalisis peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya manusia.

 

 

 

 

Tema 02 : Kemajemukan Masyarakat Indonesia

10.               

2.1    Peserta didik mampu menganalisis proses geografis terhadap bentuk muka bumi.

 

 

 

 

11.               

2.2    Peserta didik mampu menganalisis pemanfaatan lingkungan sekitar dalam aktivitas ekonomi.

 

 

 

 

12.               

2.3    Peserta didik mampu mendeskripiskan proses terjadinya perdagangan antarpulau.

 

 

 

 

13.               

2.4    Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk

2.5    Peserta didik mampu menganalisis perkembangan kependudukan di Indonesia.

 

 

 

 

14.               

2.6    Peserta didik mampu mendeskripsikan keragaman masyarakat Indonesia.

2.7    Peserta didik mampu menganalisis manfaat dari keragaman masyarakat.

 

 

 

 

15.               

2.8    Peserta didik mampu mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang ada di masyarakat.

2.9    Peserta didik mampu menganalisis proses mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat.

 

 

 

 

16.               

2.10Peserta didik mampu perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.

 

 

 

 

17.               

2.11Peserta didik mampu mendeskripsikan cara penyebaran agama Islam ke Indonesia.

 

 

 

 

18.               

2.12Peserta didik mampu Interaksi budaya pengaruh Islam di Indonesia.

 

 

 

 

19.               

2.13Peserta didik mampu mengidentifikasi kerajaan-kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia.

2.14Peserta didik mampu mendeskripsikan perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.

 

 

 

 

 

Keterangan

0 - 40 %   : Belum mencapai, remedial di seluruh bagian

41 - 65 % : Belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian yang diperlukan

66 - 85 % : Sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial

86 - 100% : Sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan lebih

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP PL St. Albertus

 

 

 

 

Br. Tomas Tefa, FIC., S.Pd., M.M.

     

 

Ketapang, 15 Juni 2024

Guru IPS

 

 

 

 

Maria Elfrida Deke, M. Pd.

No comments:

Post a Comment