Monday, October 16, 2017

RPP KERAGAMAN SUKU BANGSA SD KELAS 5

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 66 Pontianak
Kelas/Semester            : V / Ganjil
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS)
Tema/Topik                 : Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia
Sub tema                     : 1. Suku Bangsa di Indonesia

A.           Standar Kompetensi
1.   Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman, kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
B.            Kompetensi Dasar
1.        Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
C.           Indikator
1.        Mendeskripsikan persebaran suku bangsa di Indonesia.
2.        Mendeskripsikan keragaman suku bangsa di Indonesia.
D.           Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.        Menjelaskan persebaran suku bangsa di indonesia.
2.        Mengidentifikasikan keragaman suku bangsa di Indonesia.
E.            Materi  Pembelajaran
1.        Persebaran suku bangsa di Indonesia (lampiran)
2.        Keragaman suku bangsa di Indonesia (lampiran)
F.            Alokasi Waktu
2 x 35 Menit (1 kali pertemuan)
G.           Pendektan dan Metode Pembelajaran
1.        Metode       :  ceramah dan tanya jawab
2.        Model         : Talking Stik
H.           Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Rincian Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (berdoa, mengabsen, dan ketenangan)
2.     Memotivasi
Guru menanyakan pelajaran sebelumnya.
3.     Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut (tujuan pembelajaran) tentang persebaran dan keragaman suku bangsa di Indonesia.

5 Menit

Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.              Guru menanyakan kepada siswa, apakah sudah pernah membaca atau mendengar tentang “Keragaman suku bangsa di Indonesia” ?
b.             Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berani menjawab pertanyaan guru tersebut, bahwa secara tidak langsung siswa telah berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
c.              Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang persebaran dan keragaman suku bangsa di Indonesia.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.              Siswa di berikan tugas untuk membuat rangkuman/ringkasan tentang materi yang baru saja di jelaskan, yaitu persebaran dan keragaman suku bangsa di Indonesia yang telah dipelajari.
b.             Siswa menjelaskan tentang materi yang baru saja di sampaikan dengan kata-kata atau pemahamannya sendiri.
c.              Guru memberikan tanggapan tentang apa yang baru saja siswa sampaikan.
d.             Setelah itu guru membuat salah satu games dengan model pembelajaran talking stick.
e.              siswa yang mendapat stick menjawab soal yang diberikan guru sesuai dengan pemahamannya tentang materi yang sudah disampaikan. Begitu seterusnya hingga soal habis.
f.              Guru mengapresiasi kepada siswa  dan menunjukkan jawaban yang benar.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
a.              Guru menanyakan kepada siswa tentang materi apa saja yang belum di pahami.
b.             Guru dan siswa secara bersama-sama merangkum atau menyimpulkan kembali materi yang baru di pelajari secara lisan.

25 Menit
Penutup
1.      Bersama peserta didik menyimpulkan persebaran dan keragaman suku bangsa di Indonesia.
2.      Memberikan pesan moral.
3.      Memberi Pekerjaan Rumah (mengerjakan tugas hal.42)
4.      Mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa.
5 Menit
I.              Sumber dan Media Belajar
1.        Media         :
2.        Alat             : papan tulis, spidol, penghapus
3.       Sumber       : Siti Syamsiyah, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk  SD/MI Kelas V. Surakarta:  CV Putra Nugraha
J.             Penilaian Hasil Belajar
1.      Penilaian tes tertulis
2.      Tugas rumah (PR) LKS halaman
Penilaian tes tertulis
NO

BUTIR PERTANYAN

SKOR
1.         
Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari ....
10
2.
Suku tengger tinggal di wilayah ....
10
3.
Istilah bhinneka tunggal ika berasal dari buku yang berjudul....
10
4.
Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki adat dan budaya yang ....
10
5.
Kitab Sutasoma dikarang oleh ....
10
6.
Suku Madura terdapat di provinsi ....
10
7.
Cara kita menghormati suku bangsa lain adalah ...., ...., dan ....
10
8.
Arti semboyan bhinneka tunggal ika adalah .....
10
9.
Suku Badui, Sunda, Banten terdapat di propinsi ....
10
10.
Suku Batak terdapat di provinsi ....
10
TOTAL
100



 x 100



NO
JAWABAN
SKOR
1.
Yunan
10
2.
Jawa Timur
10
3.
Sutasoma
10
4.
Khas, berbeda
10
5.
Mpu Tantular
10
6.
Jawa Timur
10
7.
Tidak merendahkan suku bangsa lain, menghargai suku bangsa lain, mengakui keberadaan suku bangsa lain, tidak mengusik perbedaan antar suku bangsa.
10
8.
Walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu jua.
10
9.
Banten
10
10.
Sumatera Utara
10
TOTAL
100


Pontianak,     Oktober 2017
Mengetahui,               
Kepala SDN 66 Pontianak Kota                                  Guru Mata Pelajaran IPS                                        
                                                           
Dra. Rukinah                                                                 Maria Elfrida Deke, S. Pd
NIP. 195811171977022002
                                                                       


LAMPIRAN MATERI

Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia
A.           Memahami Konsep
ð   Semboyan Bhinneka Tunggal Ika diambil dari buku Sutasoma karangan Mpu Tantular dari Kerajaan Majapahit.
ð   Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Maksudnya walaupun negara Indonesia memiliki suku, adat, budaya, dan bahasa daerah, yang berbeda-beda, tetapi bangsa Indonesia adalah satu.
ð   Menurut Ensikklopedia suku bangsa Indonesia, jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia mencapai 656 suku.
B.            Persebaran suku bangsa di Indonesia
ü   Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, yang salah satunya adalah bangsa Melayu.
ü   Bangsa Melayu dibedakan menjadi 2:
Ø   Melayu Tua : Suku Batak (sekitar danau toba), Suku Dayak (Pedalaman  kalimantan), Suku Toraja (Sulawesi Tengah),
Ø   Melayu Muda : Minangkabau (Sumatera Barat), Jawa, Sunda, Bali, Makassar, Buton (Sulawesi Selatan), dan suku Bugis (Sulawesi Selatan).
C.            Keragaman suku bangsa di Indonesia
·                Contoh sikap menghormati:
1.             Tidak merendahkan suku bangsa lain.
2.             Menghargai suku bangsa lain.
3.             Mengakui keberadaan suku bangsa lain.
4.             Tidak mengusik perbedaan antar suku bangsa.
·                Manfaat sikap menghormati antar suku bangsa:
1.             Tercipta kehidupan yang rukun dan damai.
2.             Merasa aman tinggal di negara Indonesia.
3.             Rasa persatuan dan kesatuan meningkat.
4.             Tidak mudah terpecah belah oleh pihak lain.
·                akibat tidak menghormati suku bangsa lain, diantaranya:
1.             tidak ada keamanan dan kedamaian
2.             timbul perpecahan dan permusuhan.
3.             tidak ada persatuan dan kesatuan
4.             mudah terpecah belah.