SATUAN
PENDIDIKAN : SMA/MA
KELAS : X
KOMPETENSI
INTI
KI 1 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya. |
KI 2 |
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI 3 |
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah |
KI 4 |
Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. |
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan
menghormati agama lain
|
|
||||
2.1 Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman
sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa 2.2 Merespon secara positif berbagai
gejala sosial di lingkungan sekitar
|
|||||
3.1 Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam
mengkaji berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat 4.1 Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan
fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di
masyarakat
|
1. Fungsi
Sosiologi dalam mengenali gejala sosial di masyarakat
|
Mengamati: Mengamati gejala sosial di masyarakat dari berbagai
sumber sebagai rasa ingin tahu atas kebesaran Tuhan Menanya: Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang apa dan bagaimana fungsi Sosiologi sebagai ilmu
pengetahuan dalam mengkaji gejala sosial untuk membangun kesadaran dalam
hidup bermasyarakat Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan: Mengidentifikasi gejala sosial berdasarkan dan sesuai bentuk
dan jenisnya dari hasil pengamatan dan penggalian informasi berbagai sumber Mengasosiasikan: Mengaitkan
fungsi Sosiologi dengan gejala sosial di masyarakat yang diperoleh melalui penggalian informasi
dari berbagai sumber Merumuskan
kesimpulan dari hasil pengamatan dan diskusi mengenai fungsi Sosiologi dalam
mengkaji gejala sosial di masyarakat Mengomunikasikan: Mempresentasikan
hasil kesimpulan yang diperoleh dari
pengamatan dan diskusi mengenai fungsi sosiologi dalam mengkaji gejala sosial
di masyarakat
|
Tes: Melakukan
tes untuk mengetahui pemahaman siswa
tentang fungsi Sosiologi dalam mengenali gejala sosial Tugas: Membuat
kesimpulan tentang fungsi Sosiologi
dengan rumusan kata-kata sendiri
dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan
|
8 minggu x
3 JP
|
Buku teks
pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil
penelitian, gambar, diagram, grafik,
peta, audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
3.2 Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi
untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok
serta antar kelompok4.2 Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan
konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu,
antara individu dan kelompok serta antar kelompok
|
2. Individu,
kelompok dan hubungan sosial
|
Mengamati: Mengamati
berbagai bentuk hubungan sosial antar individu dan antar kelompok di dalam
masyarakat sebagai rasa ingin tahu atas kebesaran Tuhan Mengkaji
hubungan sosial antar individu untuk memahami pembentukan kelompok sosial di
masyarakat Menanya: Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan kritis dan mendiskusikan hasil pengamatan dan kajian
tentang berbagai bentuk hubungan sosial antar individu dan antar kelompok
serta proses pembentukan kelompok dengan rumusan pertanyaan yang sudah
dikembangkan Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan: Melakukan
wawancara kepada individu atau kelompok yang ada di sekolah dan lingkungan
sekitar terkait hubungan sosial antar
individu dan antar kelompok
Mengasosiasikan: Menganalisis hasil wawancara mengenai hubungan sosial antar individu dan antar kelompok dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi Menemukan konsep dasar Sosiologi berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang hubungan sosial Menyimpulkan hasil temuan mengenai konsep dasar Sosiologi sebagai dasar untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompokMengomunikasikan: Memaparkan hasil pengamatan tentang hubungan sosial dan mendiskusikannya untuk mendalami konsep dasar Sosiologi |
Tes: Melakukan
tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang konsep dasar Sosiologi,
yaitu individu, kelompok, dan hubungan
sosial Tugas: Membuat
kesimpulan dari hasil kajian tentang konsep dasar individu, kelompok, dan
hubungan sosial dengan rumusan kata-kata sendiri dan menyebut sumber-sumber bacaan yang
digunakan Observasi: Penilaian
tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong,
cinta damai, responsif dan pro aktif
serta kinerja siswa selama
melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok yang mengikuti prosedur atau aturan sesuai
dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama. Portofolio: Menilai
proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat
kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam
memahami hubungan sosial antar
individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok Sikap: Menilai
tanggapan dan pandangan siswa terhadap bentuk hubungan sosial di masyarakat
melalui berbagai instrumen
|
9 minggu x
3 JP
|
Buku teks
pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil
penelitian, gambar, diagram, grafik,
peta, audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
3.3 Menganalisis berbagai gejala sosial dengan
menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial di
masyarakat4.3 Melakukan kajian, diskusi dan mengaitkan
konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial dalam
memahami hubungan sosial di masyarakat
|
3. Ragam
gejala sosial dalam masyarakat
|
Mengamati: Mengamati
ragam gejala sosial di masyarakat sekitar sebagai bentuk rasa ingin tahu atas
penciptaan dan kebesaran Tuhan yang tercermin dan terwujud dalam kehidupan
sosial Menanya: Mengajukan
berbagai pertanyaan terkait hasil pengamatan dan mencermati berbagai gejala
sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat Mendiskusikan
berbagai pertanyaan dengan mengaitkan kecenderungan gejala sosial di
masyarakat sebagai akibat dari hubungan sosial Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan: Melakukan
survey di masyarakat setempat tentang
berbagai gejala sosial melalui observasi, wawancara, partisipasi dan kajian dokumen dan pustaka
dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnyaMengasosiasikan: Menganalisis
data dari hasil survey mengenai ragam gejala sosial di masyarakat dengan mengaitkan konsep dasar
Sosiologi untuk memahami hubungan sosial dalam kehidupan kelompok dan masyarakat Menentukan
sikap dalam mengkritisi berbagai gejala sosial dan mengajukan pendapat dan
atau jalan keluar atas berbagai gejala sosial yang ada sebagai bentuk
tanggungjawab sosial dalam kehidupan kelompok dan masyarakat Mengomunikasikan: Mengomunikasikan
pendapat secara individu dan kelompok berdasarkan hasil survey mengenai berbagai
gejala sosial terkait hubungan sosial
dan pembentukan kelompok di masyarakat
|
Tes: Melakukan
tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep dasar Sosiologi dalam
mengenali berbagai gejala sosial di masyarakat Tugas: Membuat
kesimpulan dengan mengaitkan konsep dasar Sosiologi dalam mengenali berbagai
gejala sosial untuk memahami hubungan sosial
dan menyebut sumber-sumber
bacaan yang digunakan Proyek: Merencanakan,
melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil survey tentang
keragaman gejala sosial di masyarakat Sikap: Menilai
tanggapan dan pandangan siswa terhadap adanya keragaman gejala sosial di
masyarakat melalui berbagai instrumen
|
9 minggu x
3 JP
|
Buku teks
pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil
penelitian, gambar, diagram, grafik,
peta, audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
3.4 Menerapkan metode-metode penelitian sosial
untuk memahami berbagai gejala sosial4.4 Menyusunrancangan, melaksanakan dan
menyusun laporan penelitian sederhana serta mengomunikasikannya dalam bentuk
tulisan, lisan dan audio-visual
|
4. Metode
Penelitian Sosial
|
Mengamati: Melakukan
kajian pustaka tentang metode-metode
penelitian sosial sebagai persiapan untuk merancang penelitian sederhana
mengenai berbagai gejala sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat Menanya: Merumuskan
pertanyaan terkait metode penelitian sosial yang akan digunakan dalam
penelitian sederhana tentang berbagai gejala sosial di masyarakat Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan: Menyusun
rancangan penelitian sederhana tentang
berbagai gejala sosial terkait dengan
hubungan sosial dan pembentukan kelompok dengan mengikuti langkah-langkah
penelitian, yaitu penetapan topik,
latar belakang, permasalahan, tujuan, metode, dan instrumen penelitian
(pedoman wawancara dan pedoman observasi). Melakukan
penelitian sederhana dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan
kajian dokumen atau kajian pustaka tentang ragam gejala sosial dalam
masyarakat Mengasosiasikan: Mengolah
data, menganalisis dan menyimpulkan
hasil penelitian tentang
berbagai gejala sosial di masyarakat Menyusun
laporan hasil penelitian dengan mengikuti sistimatika penulisan ilmiah Mengomunikasikan: Menyajikan
hasil laporan dalam berbagai bentuk, seperti tulisan/artikel,
foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik
dan mudah dibaca.
|
Tes: Melakukan
tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap
metode penelitian sosial Portofolio: Menilai
proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat
kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam
menunjukkan sikap ilmiah Proyek: Merencanakan,
melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil penelitian
sosial sederhana tentang keragaman gejala sosial terkait hubungan sosial
antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok di
masyarakat Sikap: Menilai
tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya penelitian sosial dalam
masyarakat melalui berbagai instrumen
|
9 minggu x
3 JP
|
Buku teks
pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil
penelitian, gambar, diagram, grafik,
peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat
|