Friday, November 15, 2024

PEMETAAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS 8

 


PEMETAAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

 

Nama Sekolah                    :   SMP PL St. Albertus

Nama penyusun                 :   Maria Elfrida Deke, M. Pd.

Mata pelajaran                  :    IPS

Kelas                                   :    VIII (Delapan)   

Fase                                     :    D

Semester                             :   Ganjil 


Mata Pelajaran

:

IPS

Tema 01

:

Kondisi Geografis Dan Pelestarian Sumber Daya

No.

Alur Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran Ke-

1

2

3

4

Materi : Proses Geografis dan Keragaman Alam

1.              

1.1      Peserta didik mampu menjelaskan luas dan letak wilayah Indonesia

1.2      Peserta didik mampu mengidentifikasi letak geologis Indonesia

1.3      Peserta didik menganalisis cuaca dan iklim Indonesia

ü     

 

 

 

2.              

 

ü     

 

 

Materi : Proses Geografis dan Keragaman Sosial Budaya

3.              

1.4      Peserta didik mampu menjelaskan keragaman sosial budaya di masyarakat.

1.5      Peserta didik mampu menganalisis pengaruh faktor geografis yang mempengaruhi keragaman sosial budaya.

1.6      Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis keragaman sosial budaya.

ü     

 

 

 

4.              

 

ü     

 

 

Materi : Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia

5.              

1.7      Peserta didik mampu mengidentifikasi sumber daya hutan di Indonesia.

1.8      Peserta didik mampu mengidentifikasi sumber daya tambang di Indonesia.

1.9      Peserta didik mampu mengidentifikasi sumber daya  kemaritiman di Indonesia.

 

ü     

 

 

 

6.              

 

ü     

 

 

Materi : Pemanfaatan Sumber Daya Alam

7.              

1.10  Peserta didik mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia.

ü     

 

 

 

8.              

 

ü     

 

 

Materi : Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

9.              

1.11  Peserta didik mampu menganalisis kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

ü     

 

 

 

Materi : Meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia

10.          

1.12  Peserta didik mampu menganalisis cara meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia.

ü     

 

 

 

11.          

 

ü     

 

 

Materi : Peran Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Manusia

12.          

1.13  Peserta didik mampu mendeskripsikan lembaga sosial.

ü     

 

 

 

Materi : Peranan Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam

13.          

1.14  Peserta didik mampu menganalisis peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam.

ü     

 

 

 

14.          

 

ü     

 

 

Materi : Peranan Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Manusia

15.          

1.15  Peserta didik mampu menganalisis peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya manusia.

ü     

 

 

 

Materi : Perdagangan Nusantara pada Awal Masehi

16.          

1.16  Peserta didik mampu mengidentifikasi perdagangan Nusantara pada awal Masehi.

ü     

 

 

 

17.          

 

ü     

 

 

Materi : Perkembangan Kehidupan pada Masa Kerajaan Hindu Buddha

18.          

1.17  Peserta didik mampu menjelaskan masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia

1.18  Peserta didik mampu mengidentifikasi kebudayaan pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia

ü     

 

 

 

19.          

 

ü     

 

 

20.          

 

 

ü     

 

Tema 02

:

Kemajemukan Masyarakat Indonesia

No.

Alur Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran Ke-

1

2

3

4

Materi : Proses Geografis dan Keragaman Aktivitas ekonomi

21.          

2.1     Peserta didik mampu menganalisis proses geografis terhadap bentuk muka bumi.

ü     

 

 

 

22.          

 

ü     

 

 

23.          

 

 

ü     

 

Materi : Pemanfaatan Lingkungan sekitar

24.          

2.2     Peserta didik mampu menganalisis pemanfaatan lingkungan sekitar dalam aktivitas ekonomi.

ü     

 

 

 

Materi : Perdagangan antarpulau

25.          

2.3     Peserta didik mampu mendeskripiskan proses terjadinya perdagangan antarpulau.

ü     

 

 

 

26.          

 

ü     

 

 

Materi : Dinamika kependudukan

27.          

2.4     Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk

2.5     Peserta didik mampu menganalisis perkembangan kependudukan di Indonesia.

ü     

 

 

 

28.          

 

ü     

 

 

29.          

 

 

ü     

 

Materi : Keragaman Masyarakat

30.          

2.6     Peserta didik mampu mendeskripsikan keragaman masyarakat Indonesia.

2.7     Peserta didik mampu menganalisis manfaat dari keragaman masyarakat.

ü     

 

 

 

31.          

 

ü     

 

 

Materi : Mobilitas Sosial

32.          

2.8     Peserta didik mampu mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang ada di masyarakat.

2.9     Peserta didik mampu menganalisis proses mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat.

ü     

 

 

 

33.          

 

ü     

 

 

34.          

 

 

ü     

 

Materi : Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam Indonesia

35.          

2.10 Peserta didik mampu perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.

ü     

 

 

 

Materi : Cara Penyebaran agama Islam di Indonesia

36.          

2.11 Peserta didik mampu mendeskripsikan cara penyebaran agama Islam ke Indonesia.

ü     

 

 

 

Materi : Interaksi budaya pengaruh Islam di Indonesia

37.          

2.12 Peserta didik mampu Interaksi budaya pengaruh Islam di Indonesia.

ü     

 

 

 

Materi : Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia

38.          

2.13 Peserta didik mampu mengidentifikasi kerajaan-kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia.

2.14 Peserta didik mampu mendeskripsikan perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.

ü     

 

 

 

39.          

 

ü     

 

 

40.          

 

 

ü     

 










Ketapang, 15  Juli 2024

Mengetahui,      

Kepala SMP PL St. Albertus                                            Guru IPS

 

 

 Br. Tomas Tefa, FIC., S. Pd., M.M.                            Maria Elfrida Deke, M. Pd.