INFORMASI UMUM |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A.
IDENTITAS MODUL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. KOMPETENSI AWAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian
Pembelajaran IPS Fase D Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami
dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri dan keluarga serta lingkungan
terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah
dengan karakteristik masyarakat serta memahami potensi sumber daya alamnya.
Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara
terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana
masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu
menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan
perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran
terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat
menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami
tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari
perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu
regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang
positif. Peserta didik mampu memahami dan menerapkan materi
pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses dalam belajarnya, yaitu
mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H. Kemudian mampu memperkirakan apa yang
akan terjadi berdasarkan jawaban-jawaban yang ditemukan. Peserta didik juga
mampu mengumpulkan informasi melalui studi pustaka, studi dokumen, wawancara,
observasi, kuesioner, dan Teknik pengumpulan informasi lainnya. Merencanakan
dan mengembangkan penyelidikan. Peserta didik mengorganisasikan informasi
dengan memilih, mengolah dan menganalisis informasi yang diperoleh. Proses
analisis informasi dilakukan dengan cara verifikasi, interpretasi, dan
triangulasi informasi. Peserta didik menarik kesimpulan, menjawab, mengukur
dan mendeskripsikan serta menjelaskan permasalahan yang ada dengan memenuhi
prosedur dan tahapan yang ditetapkan. Peserta didik mengungkapkan seluruh
hasil tahapan di atas secara lisan dan tulisan dalam bentuk media digital dan
non-digital. Peserta didik lalu mengomunikasikan hasil temuannya dengan
mempublikasikan hasil laporan dalam bentuk presentasi digital dan atau non-digital,
dan sebagainya. Selain itu peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman
belajar yang telah dilalui dan diharapkan dapat merencanakan proyek lanjutan
dengan melibatkan lintas mata pelajaran secara kolaboratif.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PROFIL PELAJAR
PANCASILA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
§
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; §
Berkebhinekaan Global; §
Bergotong Royong; §
Mandiri; §
Bernalar Kritis; dan § Kreatif. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. SARANA DAN
PRASARANA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Media, Sumber Belajar,
dan Alat Sumber utama: §
Video tentang proses geografis dan keragaman
alam di Indonesia. §
Video tentang iklim dan
musim di Indonesia. §
Peta letak Indonesia. §
Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII,
2021, Jakarta: Erlangga §
LCD, laptop, papan tulis dan HP.
Sumber alternatif: §
Guru juga dapat menggunakan sumber belajar
alternatif yang terdapat di lingkungan setempat. §
Sesuai tema proses geografis dan keragaman
alam.
Pengembangan sumber belajar: §
Membuat peta menggunakan bahan
dari bubur kertas. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. TARGET
PESERTA
DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
§
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan
dalam mencerna dan memahami materi ajar. §
Peserta didik dengan
pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai
keterampilan berfikir aras tinggi
(HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. MODEL
PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
§
Tatap Muka |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KOMPONEN
INTI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alur Tujuan Pembelajaran : 1. Peserta didik mampu menjelaskan letak
wilayah Indonesia secara geografis dan astronomis. 2. Peserta
didik mampu mengidentifikasi letak geologis Indonesia 3. Peserta
didik menganalisis cuaca dan iklim Indonesia. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
§
Meningkatkan kemampuan siswa tentang mengenai proses geografis, astronomis, geologis
dan keragaman alam. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
PERTANYAAN PEMANTIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan ·
Guru membuka pelajaran dengan mengucap
salam dalam bahasa daerah (Adil Ka’ talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata) dan
doa sebagai ucapan syukur serta presensi peserta didik. Beriman kepada
Tuhan dan Berkhebinekaan ·
Guru mengajak
siswa untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Nasionalisme ·
Guru melakukan apresiasi dengan melihat gambar kondisi geografis wilayah Indonesia
dan kekayaan alam yang ada di dalamnya serta menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. Berpengetahuan ·
Motivasi: Dengan
adanya keuntungan proses geografis dan keragaman alam yang ada di Indonesia,
kita patut berbangga dan dapat memanfaatkannya sebagai tujuan wisata lokal
maupun dari mancanegara yang nantinya akan dapat menambah devisa/ pendapatan
negara. ·
Peserta didik
dibantu guru menyimak gambaran tema dan tujuan pembelajaran dalam tema 01.
Kegiatan Inti ·
Peserta didik mendengarkan penjelasan materi dalam bentuk video
pembelajaran. ·
Peserta didik bersama guru membuat rangkuman materi dari video
yang ditonton. ·
Peserta didik mengerjakan
asesmen individu dalam bentuk games criss-cross puzzle. Mandiri, Berfikir
Kritis ·
Guru membimbing
dan mengarahkan proses belajar peserta didik (kegiatan belajar). ·
Guru memastikan
peserta didik mengerjakan tugas dengan baik. ·
Guru membantu
peserta didik menemukan sumber belajar lainnya. Gotong royong,
Berfikir kritis ·
Peserta
didik mendapatkan feedback dari guru ketika berinteraksi dengan guru dan
teman - temannya ·
Peserta didik diharapkan dapat menemukan nilai – nilai
kehidupan. Rasa syukur, bijaksana ·
Guru memfasilitasi
peserta didik menemukan simpulan pembelajaran. ·
Guru memberikan
kesempatan ke peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan. ·
Penguatan dan
pengayaan dilakukan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik. Sebagai
refleksi siswa menonton Pesona
Indonesia https://www.youtube.com/watch?v=5F4Vz3n6jTs Penutup ·
Penilaian
pembelajaran dilakukan secara lisan atau tertulis. ·
Peserta didik
melakukan refleksi pembelajaran berkaitan dengan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Sikap ·
Apakah aku sudah melakukan pembelajaran secara
bertanggung jawab? ·
Inspirasi dari pembelajaran tentang proses geografis dalam hidup saya
adalah… Pengetahuan: ·
Apakah aku sudah
mampu mengidentifikasi letak dan luas wilayah Indonesia? ·
Mengapa terjadi
perbedaan waktu di Indonesia? ·
Bagaimana kondisi
iklim dan cuaca di Indonesia? Keterampilan : ·
Apakah aku sudah berhasil membuat esai atau poster tentang kondisi iklim dan pengaruhnya bagi
masyarakat Indonesia?
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. REFLEKSI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Refleksi
Guru : · Apakah Kegitan belajar berhasil? · Berapa persen peserta didik mencapai tujuan? · Kesulitan apa yang dialami guru dan peserta didik? · Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki
proses belajar? · Apakah seluruh peserta didik mengikuti pelajaran
dengan baik?
Refleksi
Peserta Didik
: · Bagian mana yang menurutmu paling sulit dari
pelajaran ini? · Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu? · Kepada siapa kamu akan meminta bantuan untuk
memahami pelajaran ini? · Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai
5, berapa bintang akan kamu berikan pada usaha yang kamu lakukan? |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. ASESMEN / PENILAIAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Asesmen Formatif (Penilaian
untuk mengukur kemampuan siswa selama kegiatan belajar berlangsung) 2. Asesmen Sikap
a.
Tabel Jurnal Pengembangan Sikap
Jurnal Penilaian Sikap
Spiritual
Jurnal Penilaian Sikap
Sosial
Jurnal Penilaian Sikap
Penilaian Diri (Self Assesment) Lembar Penilaian Diri
Siswa (Likert Scale) Nama teman yang dinilai : .................. Nama penilai : .................. Kelas : .................... Semester : .................... Berilah tanda centang
Keterangan: 1 = sangat jarang 2 = jarang 3 = sering 4 = selalu c. Penilaian Antar Teman Lembar Penilaian Diri Siswa (Likert Scale) Nama : .................. Kelas : .................... Semester : .................... Berilah tanda centang
Keterangan: 1 = sangat jarang 2 = jarang 3 = sering 4 = selalu
3. PENILAIAN SUMATIF Teknik Penilaian Pengetahuan
Butir soal: 1. Mengapa terjadi perbedaan waktu di
Indonesia? 2.
Bagaimana kondisi iklim dan cuaca di Indonesia? Pemberian skor Tes
Tertulis
2. Tes Lisan ·
Apakah aku sudah mampu mengidentifikasi
letak dan luas wilayah Indonesia? ·
Mengapa terjadi perbedaan waktu di
Indonesia? · Bagaimana
kondisi iklim dan cuaca di Indonesia?
3. Penugasan Pedoman Pemberian Skor Tugas
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengayaan Proses
geografis dan keragaman alam Bangsa Indonesia patut bersyukur karena proses geografis
dan keragaman alam yang dimiliki. Indonesia merupakan negara terluas di Asia
Tenggara. Luas daratan Indonesia sebesar 1.910.932,37 km2 dan laut Indonesia
mencapai 5,8 juta km2. Letak Indonesia sangat menguntungkan bagi kehidupan
masyarakat. Selain memiliki letak geografis yang sangat menguntungkan,
Indonesia juga memiliki letak geologis, iklim dan cuaca yang sangat
menguntungkan. Pengertian letak astronomis adalah posisi
suatu tempat didasarkan garis lintang dan garis bujur. Yang dimaksud garis lintang
adalah suatu haris khayal yang melingkari permukaan bumi. Posisi garis lintang
bersifat horizontal yang berbeda dengan garis bujur yang bertikal. Garis
bujur merupakan garis khayal yang menghubungkan Kutub Utara dan Kutub
Selatan. Letak geologis adalah
posisi suatu wilayah yang didasarkan pada struktur geologi atau susunan
batuan di sekitarnya. Secara geologis, Indonesia dilalui dua jalur pegunungan
dunia yaitu pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Letak tersebut
menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunungapi aktif. Jalur pegunungan di
Indonesia membentang dari ujung utara Sumatra memanjang melalui pantai barat
Sumatra, melewati Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Banda, Sulawesi, dan Halmahera.
Jumlah gunung aktif di Indonesia sebanyak 127 gunung api aktif. Cuaca didefinisikan
sebagai keadaan rerata udara pada waktu atau saat tertentu di dalam suatu
wilayah. Skope wilayah cuaca bersifat sempit dengan ritme waktu yang pendek.
Perbedaan menonjol iklim dan cuaca adalah pada durasi waktu. Iklim didefinisikan
kondisi cuaca rata-rata tahunan dalam wilayah yang luas. Arus angin yang banyak
mengandung uap air dari lautan Pasifik melewati laut Cina Selatan menyebabkan
musim hujan di Indonesia terutama wilayah bagian barat. Semakin ke timur
curah hujan semakin sedikit. Hal ini karena hujan telah banyak jatuh dan
menguap di bagian barat. •
Materi bisa dilihat juga dalam: Said, M. Noor. 2020. Dinamika
Penduduk. Semarang: Alprin. Remedial Remedial
diberikan kepada siswa yang mendapat kriteria paham sebagian dan tidak paham
dengan kegiatan mengulang pembelajaran di luar jam pelajaran. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LAMPIRAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
· Guru dan peserta didik mencari berbagai informasi
tentang Proses Geografis dan Keragaman Sosial Budaya dari berbagai media atau
website resmi dibawa nauangan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan
teknologi. ·
Buku Panduan Guru
dan Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VIII : Kemendikbudristek
2021. ·
Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII,
2021, Jakarta: Erlangga |
Ketapang,
15 Juli 2024
Kepala SMP PL St. Albertus Guru
Mata Pelajaran,
Br. Tomas Tefa, FIC., S.Pd., M.M. Maria Elfrida Deke, M. Pd.