SATUAN
PENDIDIKAN : SMA/MA
KELAS : XI
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya. |
KI 2 |
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI 3 |
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah |
KI 4 |
Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. |
Kompetensi
Dasar
|
Materi
pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan
menghargai keberagaman agama dengan menjunjung tinggi keharmonisan.dalam
kehidupan bermasyarakat
|
|
||||
2.1 Menumbuhkan kesadaran individu untuk
memiliki tanggungjawab publik dalam
ranah perbedaan sosial
2.2 Menunjukkan sikap toleransi dan empati
sosial terhadap perbedaan sosial
|
|||||
3.1 Memahami
tinjauan Sosiologi dalam mengkaji pengelompokkan sosial dalam masyarakat
4.1 Melakukan
kajian, pengamatan dan diskusi tentang pengelompokkan sosial dengan
menggunakan tinjauan Sosiologi
|
1.
Pembentukan kelompok sosial
|
Mengamati:
Mengamati proses
pembentukan kelompok sosial di
masyarakat
Mengkaji dari berbagai sumber
informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
Menanya:
Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang
proses pembentukan kelompok sosial dan mendiskusikannya berdasarkan
pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan yang
menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Mengidentifikasi dan mengumpulkan
data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar
Mengasosiasikan:
Mengklasifikasi ragam
pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan bentuk
pengelompokkan
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil diskusi
tentang pembentukan kelompok sosial
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang pengelompokkan
sosial
Tugas:
Merumuskan kesimpulan dari hasil
pengamatan dan kajian tentang pengelompokkan sosial di masyarakat
Observasi:
Penilaian tentang perilaku saling
menghormati, tanggung jawab,disiplin,
toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan
pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan
baik kegiatan klasikal, mandiri, atau
kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan
dan/atau disepakati bersama.
|
6 minggu x 4 JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat
|
3.2 Mengidentifikasi
berbagai permasalahan sosial yang muncul dalam masyarakat
4.2 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi
mengenai permasalahan sosial yang muncul di masyarakat
|
2.
Berbagai permasalahan sosial dalam masyarakat
|
Mengamati:
Mengenali ragam permasalahan sosial
yang ada di masyarakat sekitar
Menanya:
Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang
berbagai permasalahan sosial di masyarakat (kemiskinan, kriminalitas,
kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui contoh-contoh nyata dan
mendiskusikannya dari sudut pandang pengetahuan Sosiologi berorientasi pemecahan masalah yang
menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan:
Melakukan survey di masyarakat
setempat tentang permasalahan sosial
(kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui
observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur dengan menggunakan panduan yang telah
dipersiapkan sebelumnya
Mengasosiasikan:
Menginterpretasi data hasil survey
tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial
ekonomi dan ketidakadilan) dikaitkan dengan konsep keragaman kelompok sosial
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil survey tentang permasalahan sosial dan
pemecahannya sesuai hasil pengamatan
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang permasalahan
sosial
Tugas:
Membuat kesimpulan dari hasil
survey tentang permasalahan sosial di masyarakat sekitar
Observasi:
Penilaian tentang perilaku saling
menghormati, tanggung jawab,disiplin,
toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan
pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan
baik kegiatan klasikal, mandiri, atau
kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan
dan/atau disepakati bersama.
|
7 minggu x 4 JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat
|
3.3 Memahami penerapan prinsip-prinsip
kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk menciptakan kehidupan harmonis
dalam masyarakat
4.3 Merumuskan strategi dalam menciptakan kehidupan yang
harmonis dalam masyarakat berdasar prinsip-prinsip kesetaraan
|
3. Perbedaan, kesetaraan dan
harmoni sosial
|
Mengamati:
Mengamati perbedaan dan keragaman
sosial yang ada di masyarakat sekitar
Menanya:
Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang
perbedaan dan keragaman sosial dalam kehidupan masyarakat dan mendiskusikan
tentang pemecahannya berdasar
prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara dalam upaya mewujudkan
kehidupan masyarakat yang harmonis
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Melakukan wawancara dan atau
mengisi kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial yang ada di masyarakat dan pemecahannya
berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara untuk menciptakan
kehidupan sosial yang harmonis
Mengasosiasikan:
Menganalisis hasil wawancara atau
isian kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial di masyarakat untuk
menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis berdasarkan prinsip-prinsip
kesetaraan sebagai warga negara
Merumuskan langkah-langkah dan
strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat berdasarkan
hasil analisis
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil diskusi
tentang langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang
harmonis di masyarakat
Merumuskan hasil diskusi untuk
dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam menyikapi dan menghormati
perbedaan sosial dan tanggungjawab sosial dalam mendorong kehidupan
masyarakat yang harmonis berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga
negara
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap penerapan
prinsi-prinsip kesetaraan dalam menciptakan masyarakat yang harmonis
Tugas:
Menemukan strategi dalam
menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis
Proyek:
Merencanakan, melaksanakan, dan
membuat laporan serta mempresentasikan hasil wawancara dan atau mengisi
kuesioner tentang harmonisasi masyarakat
Sikap:
Menilai tanggapan dan pandangan
siswa terhadap perlunya penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam masyarakat
melalui berbagai instrumen
|
7 minggu x
4 JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
3.4 Menganalisis potensi-potensi terjadinya
konflik dan kekerasan dalam kehidupan masyarakat yang beragam serta penyelesaiannya
4.4 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi
tentang konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya
|
4.
Konflik, kekerasan, dan upaya penyelesaiannya
|
Mengamati:
Mengamati gejala konflik dan
kekerasan yang terjadi di masyarakat
Menanya:
Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang
sebab-sebab/latar belakang terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta
mendiskusikannya untuk mencapai penyelesaian tanpa kekerasan
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Mengumpulkan data primer/sekunder
tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan penyelesaian yang
dilakukan warga masyarakat
Mengidentifikasi dampak kekerasan
(fisik, mental, sosial) dari konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan
contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat
setempat
Mengasosiasikan:
Menganalisis dan mendiskusikan
penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian konflik (mediasi,
negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) untuk tercapainya
perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil diskusi
tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat
Merumuskan hasil diskusi untuk
dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian konflik dan kekerasan
di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa kekerasan
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap masalah
konflik dan kekerasan
Tugas:
Membuat kesimpulan tentang
timbulnya konflik dan kekerasan melalui berbagai sumber dan merumuskan upaya
penyelesaian
Sikap:
Menilai tanggapan dan pandangan
siswa terhadap pentingnya penyelesaian konflik dan kekerasan dalam masyarakat
melalui berbagai instrumen
|
8 minggu x 4 JP
|
Buku
teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil
penelitian, gambar, diagram, grafik,
peta, audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
3.5 Menerapkan metode penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah
berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya
4.5Merancang,
melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sosial berorientasi pada
pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya
serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual
|
4
Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik
dan kekerasan
|
Mengamati:
Mengamati dan mendiskusikan upaya
integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan perdamaian dan kehidupan
sosial yang harmonis di masyarakat
Menanya:
Mengembangkan sikap kritis dan
kepekaan terhadap konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat untuk
menemukan faktor pendorong dan penghambat tercapainya integrasi dan
reintegrasi sosial
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan:
Merancang penelitian sosial
menggunakan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi
sosial sebagai upaya menyelesaikan konflik dan mewujudkan perdamaian dan kehidupan
msyarakat yang harmonis melalui langkah-langkah seperti identifikasi
kebutuhan , analisis kepentingan dan pemecahan masalah dengan mengajukan
rekomendasi
Melaksanakan penelitian sosial
berorientasi pada pemecahan masalah dengan metode pemetaan berkaitan dengan
upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk menyelesaikan konflik dan
mewujudkan perdamaian di masyarakat
Mengasosiasikan:
Mengolah data, menganalisis dan
menyimpulkan hasil pemetaan
tentangupaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya mewujudkan
perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
Mengomunikasikan:
Menyajikan hasil pemetaan tentang upaya integrasi dan reintegrasi sosial
sebagai upaya penyelesaian konflik
dan mewujudkan perdamaian dan
kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat dalam berbagai bentuk, seperti laporan,
tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan
tampilan yang menarik dan mudah dibaca.
Merumuskan hasil diskusi untuk
dijadikan bahan pembelajaran bersama dan menumbuhkan sikap serta
tanggungjawab bersama dalam melakukan integrasi dan reintegrasi sosial untuk
mewujudkan perdamaian di masyarakat
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap pentingnya
integrasi dan reintegrasi sosial
Tugas:
Mengumpulkan data, mengolah dan
melaporkan hasil analisis tentang
kasus-kasus mengenai konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya
dari berbagai sumber terutama media massa
Portofolio:
Menilai proses dan hasil kerja
siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai
dari tahap awal sampai tahap akhir dalam menciptakan integrasi dan reintegrasi
sosial
Proyek:
Merencanakan, melaksanakan, dan
membuat laporan serta mempresentasikan hasil penelitian sosial berorientasi
pada pemecahan masalah berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi dalam
masyarakat
Sikap:
Menilai tanggapan dan pandangan
siswa terhadap pentingnya integrasi dan reintegrasi dalam masyarakat melalui berbagai instrumen
|
8 minggu x 4 JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual,
dan masyarakat di lingkungan setempat
|