Saturday, January 28, 2017

SILABUS MATA PELAJARAN: SOSIOLOGI KELAS X (PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL)

SATUAN PENDIDIKAN    :  SMA/MA

KELAS                                  :  X

KOMPETENSI INTI 

KI 1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3

Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4

Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



Kompetensi Dasar
Materi pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
     
2.1  Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa 2.2  Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar
3.1  Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat 4.1  Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat 
1.   Fungsi Sosiologi dalam mengenali gejala sosial di masyarakat
 
Mengamati: Mengamati  gejala sosial di masyarakat dari berbagai sumber sebagai rasa ingin tahu atas kebesaran Tuhan Menanya: Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang apa dan bagaimana fungsi Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan dalam mengkaji gejala sosial untuk membangun kesadaran dalam hidup bermasyarakat Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan: Mengidentifikasi  gejala sosial berdasarkan dan sesuai bentuk dan jenisnya dari hasil pengamatan dan penggalian informasi  berbagai sumber Mengasosiasikan: Mengaitkan fungsi Sosiologi dengan gejala sosial di masyarakat  yang diperoleh melalui penggalian informasi dari berbagai sumber Merumuskan kesimpulan dari hasil pengamatan dan diskusi mengenai fungsi Sosiologi dalam mengkaji gejala sosial di masyarakat Mengomunikasikan: Mempresentasikan hasil  kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan dan diskusi mengenai fungsi sosiologi dalam mengkaji gejala sosial di masyarakat 
Tes: Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa  tentang fungsi Sosiologi dalam mengenali gejala sosial Tugas: Membuat kesimpulan tentang fungsi Sosiologi  dengan rumusan kata-kata sendiri  dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan   
8 minggu x 3 JP
Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan  masyarakat di lingkungan setempat
3.2  Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta  antar kelompok4.2  Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok 
2.   Individu, kelompok  dan hubungan sosial
   
Mengamati: Mengamati berbagai bentuk hubungan sosial antar individu dan antar kelompok di dalam masyarakat sebagai rasa ingin tahu atas kebesaran Tuhan Mengkaji hubungan sosial antar individu untuk memahami pembentukan kelompok sosial di masyarakat Menanya: Mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis dan mendiskusikan hasil pengamatan dan kajian tentang berbagai bentuk hubungan sosial antar individu dan antar kelompok serta proses pembentukan kelompok dengan rumusan pertanyaan yang sudah dikembangkan Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan: Melakukan wawancara kepada individu atau kelompok yang ada di sekolah dan lingkungan sekitar  terkait hubungan sosial antar individu dan antar kelompok
 Mengasosiasikan: Menganalisis hasil  wawancara mengenai hubungan sosial  antar individu dan antar kelompok dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi Menemukan konsep dasar Sosiologi berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang hubungan sosial Menyimpulkan hasil temuan mengenai konsep dasar Sosiologi sebagai dasar untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok  serta antar kelompokMengomunikasikan: Memaparkan hasil  pengamatan tentang hubungan sosial dan mendiskusikannya untuk mendalami konsep dasar Sosiologi
Tes: Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang konsep dasar Sosiologi, yaitu  individu, kelompok, dan hubungan sosial Tugas: Membuat kesimpulan dari hasil kajian tentang konsep dasar individu, kelompok, dan hubungan  sosial  dengan rumusan kata-kata sendiri  dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan Observasi: Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro aktif  serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok yang  mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama. Portofolio: Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam memahami  hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok Sikap: Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap bentuk hubungan sosial di masyarakat melalui berbagai instrumen  
9 minggu x 3 JP
Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan  masyarakat di lingkungan setempat
3.3  Menganalisis berbagai gejala sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial di masyarakat4.3  Melakukan kajian, diskusi dan mengaitkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat 
3.   Ragam gejala sosial dalam masyarakat
Mengamati: Mengamati ragam gejala sosial di masyarakat sekitar sebagai bentuk rasa ingin tahu atas penciptaan dan kebesaran Tuhan yang tercermin dan terwujud dalam kehidupan sosial Menanya: Mengajukan berbagai pertanyaan terkait hasil pengamatan dan mencermati berbagai gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat Mendiskusikan berbagai pertanyaan dengan mengaitkan kecenderungan gejala sosial di masyarakat sebagai akibat dari hubungan sosial  Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan: Melakukan survey di masyarakat setempat  tentang berbagai gejala sosial melalui observasi, wawancara,  partisipasi dan kajian dokumen dan pustaka dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnyaMengasosiasikan: Menganalisis data dari hasil survey mengenai ragam gejala sosial di  masyarakat dengan mengaitkan konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial dalam  kehidupan kelompok dan masyarakat Menentukan sikap dalam mengkritisi berbagai gejala sosial dan mengajukan pendapat dan atau jalan keluar atas berbagai gejala sosial yang ada sebagai bentuk tanggungjawab sosial dalam kehidupan kelompok dan masyarakat  Mengomunikasikan: Mengomunikasikan pendapat secara individu dan kelompok berdasarkan hasil survey mengenai berbagai gejala sosial terkait  hubungan sosial dan pembentukan kelompok di masyarakat 
Tes: Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep dasar Sosiologi dalam mengenali berbagai gejala sosial di masyarakat Tugas: Membuat kesimpulan dengan mengaitkan konsep dasar Sosiologi dalam mengenali berbagai gejala sosial untuk memahami hubungan sosial  dan  menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan Proyek: Merencanakan, melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil survey tentang keragaman gejala sosial di masyarakat Sikap: Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap adanya keragaman gejala sosial di masyarakat melalui berbagai instrumen 
9 minggu x 3 JP
Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan  masyarakat di lingkungan setempat
3.4  Menerapkan metode-metode penelitian sosial untuk memahami berbagai gejala sosial4.4     Menyusunrancangan, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sederhana serta mengomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual
4.  Metode Penelitian Sosial
 
Mengamati: Melakukan kajian pustaka tentang  metode-metode penelitian sosial sebagai persiapan untuk merancang penelitian sederhana mengenai berbagai gejala sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat Menanya: Merumuskan pertanyaan terkait metode penelitian sosial yang akan digunakan dalam penelitian sederhana tentang berbagai gejala sosial di masyarakat Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan: Menyusun rancangan penelitian sederhana  tentang berbagai gejala sosial  terkait dengan hubungan sosial dan pembentukan kelompok dengan mengikuti langkah-langkah penelitian, yaitu penetapan  topik, latar belakang, permasalahan, tujuan, metode, dan instrumen penelitian (pedoman wawancara dan pedoman observasi). Melakukan penelitian sederhana dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen atau kajian pustaka tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat Mengasosiasikan: Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan  hasil penelitian  tentang berbagai gejala sosial di masyarakat Menyusun laporan hasil penelitian dengan mengikuti sistimatika penulisan ilmiah Mengomunikasikan: Menyajikan hasil  laporan dalam  berbagai bentuk, seperti tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca. 
Tes: Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap  metode penelitian sosial Portofolio: Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam menunjukkan  sikap ilmiah Proyek: Merencanakan, melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil penelitian sosial sederhana tentang keragaman gejala sosial terkait hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok di masyarakat Sikap: Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya penelitian sosial dalam masyarakat melalui berbagai instrumen 
9 minggu x 3 JP
Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan  masyarakat  di lingkungan setempat