Sunday, April 10, 2016

RPP SOSIOLOGI KELOMPOK SOSIAL DI MASYARAKAT


Nama Sekolah                         SMAN 1 Air Upas
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/semester                        :  X12
Alokasi waktu                         : 2x45 menit
Tema                                       : kelompok sosial di masyarakat
Sub tema                                 : kelompok sosial

A.           Standar Kompetensi

2. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

B.            Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

C.           Indikator
1.             Mendefinisikan kelompok sosial.
2.             Menjelaskan ciri-ciri kelompok sosial.
3.             Menjelaskan proses terbentuknya kelompok sosial.
4.             Menjelaskan faktor pembentuk kelompok sosial

D.           Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.             Menjelaskan  pengertian kelompok sosial
2.             Menjelaskan ciri-ciri kelompok sosial.
3.             Menjelaskan proses terbentuknya  kelompok sosial.
4.             Menjelaskan faktor pembentuk kelompok sosial

E.            Metode Pembelajaran

1.             Informasi
2.             Kerja mandiri
3.             Eksplorasi
4.             Buku
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
·     Menyimpulkan temuan pustaka tentang kelompok sosial.
·     Secara klasikal merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya kelompok sosial.
·     Siswa dapat Mendefinisikan kelompok sosial.
·     Siswa dapat Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya kelompok sosial
·     Siswa dapat Menjelaskan ciri-ciri kelompok sosial.

1.      Langkah-Langkah Pembelajaran

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

ket

1.
Pendahuluan
·Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran ( berdoa, mengabsen, dan ketenangan)
·     Memotivasi
Guru menjelaskan materi tentang kelompok sosial dalam masyarakat dan menjelaskan faktor pendorong terjadinya kelompok sosial dalam masyarakat dalam masyarakat
·     Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut (tujuan pembelajaran)
15 Menit

2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·      Guru menanyakan pada salah satu siswa, apakah sudah pernah mendengar “kelompok sosial” ?
·      Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berani menjawab pertanyaan guru tersebut, bahwa secara tidak langsung siswa telah berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
·      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang definisi kelompok sosialdeskripsi ciri-ciri kelompok sosial, syarat-syarat kelompok sosial dan faktor pembentuk kelompok sosial.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·      siswa di berikan tugas untuk membuat rangkuman/ringkasan tentang materi yang baru saja di jelaskan, yaitu kelompok sosial.
·      Siswa menjelaskan tentang materi yang baru saja di sampaikan dengan kata-kata atau pemahamannya sendiri.
·      Guru memberikan tanggapan tentang apa yang baru saja siswa sampaikan.
·      Setelah itu guru membuat salah satu games dengan model pembelajaran pucture and picture
·      Salah satu siswa di cabut undi untuk maju ke depan dan menjawab soal yang diberikan guru sesuai dengan pemahamannya tentang materi yang sudah disampaikan. Begitu seterusnya hingga soal habis
·      Guru mengapresiasi kepada siswa  dan menunjukkan jawaban yang benar.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi apa saja     yang belum di pahami.
·      Guru dan siswa secara bersama-sama merangkum atau menyimpulkan kembali materi yang baru di pelajari secara lisan.
60 Menit

3.
Kegiatan Akhir
·     Guru memberikan tugas untuk membuat kliping tentang kelompok sosial yang ada di lingkungan sekitar siswa dan di kumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
·     Siswa di berikan informasi mengenai materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.
·     Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam (berdoa).
16    Menit
















































































































G.           Model Pembelajaran

Picture and picture



H.           Media, alat dan sumber pembelajaran

Media                :  LCD, gambar-gambar
Alat dan bahan  : papan tulis dan spidol
Sumber              : Buku Sosiologi SMA/MA kelas XI
1.             Janu M. Dkk,. 2015. Buku Siswa Aktif Dan Kreatif Belajar Sosiologi Kelas XI. Bandung:  Grafindo Media Pratama
2.             Soekanto, soerjono. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Cetakan ke-45. Jakarta: Rajawali Pers








I.              Penilaian

1.             Mengerjakan latihan soal Uji Kompetensi
2.             Melakukan pengamatan terhadap kelompok sosial di masyarakat
3.             Tes lisan yang di berikan oleh guru
Format Penilaian

No
Nama Peserta didik
Aspek Penilaian
Total nilai

Presentasi
Sikap       
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan berargumen
1.             
Roswiyanti Liliana
2.             
Suherlina Bhoki






3.             
Febriani Iga 






4.             
M. Raffi Armando






5.             
Zahra  






6.             
Ade Hanny 






7.             
 Rivan B.






8.             
 Carlos







Keterangannilai maksimal 20









































LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK

No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6
1.       
Roswiyanti Liliana
Suherlina Bhoki
Febriani Iga
M. Raffi Armando
Zahra
Ade Hanny
Rivan B
Carlos








Aspek yang dinilai:
a.       Kemampuan menyampaikan pendapat.
b.      Kemampuan memberikan argumentasi.
c.       Kemampuan memberikan kritik.
d.      Kemampuan mengajukan pertanyaan.
e.       Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
f.       Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30            = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23            = Baik
C. Cukup Baik             Skor 3                        12—17            = Cukup
D. Baik                        Skor 4                          6—11             = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5




































FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1
Roswiyanti Liliana






2
Suherlina Bhoki






3
Febriani Iga






Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
a.    Aktivitas dalam kelompok                              2—15             = Sangat baik 
b.    Tanggung jawab individu                               9—11              = Baik
c.    Pemikiran                                                        6—8                = Cukup         
d.   Keberanian berpendapat                                 3—5                = Kurang        
e.    Keberanian tampil      
Soal:
1.             Berikan penjelasan tentang pengertian kelompok sosial!
2.             Sebutkan ciri-ciri kelompok sosial Manurut Soerjono Soekanto!
3.             Jelaskan dua faktor utama pembentuk kelompok sosial!
4.             Jelaskan proses terbentuknya kelompok sosial!
5.             Mengapa PGRI termasuk kelompok sosial dan sporter sepak bola bukan termasuk kelompok sosial?
Jawaban:
1.             Menurut Hendropuspito kelompok sosial adalah suatu kumpulan yang nyata, teratur, dan tetap dari orang-orang yang melaksanakan peranannya yang saling berkaitan guna mencapai tujuan bersama. Menurut Soerjono Soekanto (2013:104) kelompok sosial atau social group adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya hubungan diantara mereka.. hubungan tersebut antara lain menyangkut hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan juga suatu kesadaran untuk saling menolong.
2.             Menurut Soerjono Soekanto (2010)  kelompok sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a)             Setiap anggota kelompok harus memiliki kesadaran bahwa dia adalah bagian dari kelompok yang bersangkutan.
b)             Adanya hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lain.
c)             Adanya suatu faktor yang dimiliki bersama, sehingga hubungan antara mereka bertambah erat.
d)            Berstruktur, berkaidah, dan mempunyai pola perilaku.
e)             Bersistem dan berproses.
f)              Memiliki struktur sosial sehingga kelangsungan hidup kelompok tergantung pada kesungguhan anggotanya dalam melaksanakan perannya.
3.             Faktor pembentuk kelompok sosial
Kedekatan
ü   Kedekatan geografis tempat tinggal
(kelompok bermain dengan orang-orang disekitar kita)
ü   Kedekatan geografis daerah asal
(ketika seseorang merantau masih di daerah asal, maka akan semakin besar kemungkinan seseorang individu dapat melakukan komunikasi).
Kesamaan
ü   Kesamaan kepentingan
(misalnya partai politik, perusahaan,)
ü   Kesamaan keturunan
(untuk memperkuat tali persaudaraan agar tidak putus)
ü   Kesamaan nasib
(dengan kesamaan nasib, pekerjaan, atau profesi maka akan terbentuk kelompok sosial yang mewadahinya untuk meningkatkan taraf maupun kinerja masing-masing anggotanya)
4.             Bergabung dengan sebuah kelompok merupakan suatu yang murni muncul dari keingian diri sendiri atau secara kebetulan. Misalnya seseorang terlahir dari keluarga tertentu. Namun ada juga yang merupakan sebuah pilihan yang diinginkan seseorang.  Dua faktor untama yang tampaknya mengarah pilihan tersebut adalah kedekatan dan kesamaan. Pembentukan kelompok diawali dengan adanya kontak dan komunikasi sosial yang menghasilkan proses sosial dalam interaksi sosial.
5.             PGRI termasuk kelompok sosial karena memiliki struktur organisasi yang jelas, berstruktur dan berkaidah, mempunyai pola perilaku, bersistem dan berproses, memiliki kepentingan bersama, serta memiliki norma yang mengatur para anggotanya. Sporter sepak bola bukan termasuk kelompok sosial karena tidak berstruktur, tidak memiliki norma yang mengikat, dan tidak bersistem.
Skor per soal :
1.             10
2.             15
3.             20
4.             25
5.             30
SKOR PENILAIAN : Nilai yang diperoleh  /  Nilai maksimal  X  100 = Nilai

 


















































































                                     Pontianak,     Maret 2016
Mengetahui,               
Guru Mata Pelajaran Sosiologi                                               Mahasiswa PPL










                                                           
...................................                                                             Maria Elfrida Deke
NIP.                                                                                        NIM. F1091131051
Dosen Pembimbing
                                                           
                                                ..............................
                                                NIP.
















Materi Pembelajaran


 BAB I: kelompok sosial

1.             Pengertian kelompok sosial
Menurut Hendropuspito kelompok sosial adalah suatu kumpulan yang nyata, teratur, dan tetap dari orang-orang yang melaksanakan peranannya yang saling berkaitan guna mencapai tujuan bersama. Menurut Soerjono Soekanto (2013:104) kelompok sosial atau social group adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya hubungan diantara mereka.. hubungan tersebut antara lain menyangkut hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan juga suatu kesadaran untuk saling menolong.
2.             Ciri-ciri kelompok sosial
Menurut Soerjono Soekanto (2010)  kelompok sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a)     Setiap anggota kelompok harus memiliki kesadaran bahwa dia adalah bagian dari kelompok yang bersangkutan.
b)     Adanya hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lain.
c)   Adanya suatu faktor yang dimiliki bersama, sehingga hubungan antara mereka bertambah erat.
d)     Berstruktur, berkaidah, dan mempunyai pola perilaku.
e)     Bersistem dan berproses.
f)   Memiliki struktur sosial sehingga kelangsungan hidup kelompok tergantung pada kesungguhan anggotanya dalam melaksanakan perannya.
g)            Memiliki norma-norma yang mengatur hubungan diantara para anggota.
h)            Memiliki kepentingan bersama.
3.             Proses terbentuknya  kelompok sosial
Bergabung dengan sebuah kelompok merupakan suatu yang murni muncul dari keingian diri sendiri atau secara kebetulan. Misalnya seseorang terlahir dari keluarga tertentu. Namun ada juga yang merupakan sebuah pilihan yang diinginkan seseorang.  Dua faktor untama yang tampaknya mengarah pilihan tersebut adalah kedekatan dan kesamaan. Pembentukan kelompok diawali dengan adanya kontak dan komunikasi sosial yang menghasilkan proses sosial dalam interaksi sosial.
4.             Faktor pembentuk kelompok sosial
a)             Kedekatan
ü   Kedekatan geografis tempat tinggal
(kelompok bermain dengan orang-orang disekitar kita)
ü   Kedekatan geografis daerah asal
(ketika seseorang merantau masih di daerah asal, maka akan semakin besar kemungkinan seseorang individu dapat melakukan komunikasi).
b)            Kesamaan
ü   Kesamaan kepentingan
(misalnya partai politik, perusahaan,)
ü   Kesamaan keturunan
(untuk memperkuat tali persaudaraan agar tidak putus)
ü   Kesamaan nasib

(dengan kesamaan nasib, pekerjaan, atau profesi maka akan terbentuk kelompok sosial yang mewadahinya untuk meningkatkan taraf maupun kinerja masing-masing anggotanya)